Wisata Religi Unik Hanya di Gereja Posharang Kediri

Kediri memang memiliki banyak objek wisata yang sangat unik, salah satunya adalah Puhsarang. Desa Puhsarang ini memiliki objek wisata yang sangat menarik seperti gereja tertua di kawasan Asia Tenggara. Gereja Posharang merupakan gereja katolik yang lokasinya berada di kaki Gunung Wilis. Letaknya berada di Desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa timur.

Didirikan pada tahun 1936, atas inisiatif dari Romo Jan Wolters. Gereja ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik. Keindahan arsitektur Jawa dan arsitektur gereja pada umumnya bercampur menjadi satu desain bangunan yang cantik. Selain itu juga suasana Puhsarang sangatlah asri. Mungkin karena letaknya di kaki gunung sehingga udaranya terasa segar.

Indahnya Objek Wisata Rohani Puhsarang​

Keindahan arsitektur

Bukan hanya pemeluk agama katolik saja yang datang, bahkan wisatawan yang berasal dari agama lain pun datang ke tempat ini untuk sekedar melihat-lihat keindahan arsitektur bangunan gereja tua ini. Inilah salah satu bentuk toleransi umat beragama yang memang harus selalu kita junjung tinggi dalam kehidupan.

Salah satu daya tarik dari objek wisata Gereja Posharang ini memang desain bangunannya yang unik. Bangunannya dibangun sedemikian rupa sehingga menyerupai candi peninggalan jaman kerajaan Hindu di tanah Jawa.

Bisa dibilang saat gereja ini dibangun arsiteknya, Ir. Maclaine Pont, sangat berusaha menyerap budaya lokal ke dalam rancangannya. Walaupun gereja ini telah direnovasi beberapa kali, akan tetapi bentuk aslinya tidaklah berubah.

Akses Menuju Objek Wisata Puhsarang

Akses jalan untuk menuju objek wisata ini cukup mudah. Jika sedang berada di Kediri, Anda dapat melalui Jl. Argowilis yang merupakan rute atau jalur tercepat untuk menuju lokasi Gereja Posharang.

Atau Anda juga dapat melalui Jl. Perintis Kemerdekaan dan Taman Sari sebagai rute atau jalur alternatif. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua, empat, ataupun angkutan umum.