Wisata Religi Masjid An Nur Kediri, Pas Untuk Mencari Spiritualitas Dalam Kehidupan

Memasuki musim liburan, kini banyak pelancong menginginkan suasana berbeda dari biasanya. Jika selama ini traveler menginginkan tempat wisata menarik dengan berbagai keunikan hingga fasilitas terbaik, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi Masjid An Nur Kediri. Memilih tema wisata religi di masa-masa libur pasti mengasyikkan karena wisatawan dapat melihat banyak hal baru baik dari kisah sejarah sampai aspek keagamaan yang bisa didapatkan secara mudah.

Masjid An Nur Kediri merupakan salah satu objek wisata religi di Kediri yang luasnya mencapai 4 hektar. Kemudian untuk nama Masjid An Nur sendiri diambil dari sosok Kyai Nurwahid, sosok pejuang Islam di Pare, Kediri. Tentu saja sejarah dari Masjid An Nur Kediri terbilang menarik untuk dipelajari.

Desain bangunan

Masjid An Nur Kediri menjadi salah satu bangunan di Indonesia yang memakai gaya arsitektur Jawa dan hal ini dapat terlihat pada bagian atap Masjid. Terlihat pada bagian atap Masjid masih memakai bentuk piramid beserta beberapa aspek seperti kemiringan atap di bagian pojok lebih dipertajam. Desain atap joglo dari Masjid di Kediri ini sudah dibangun pada masa-masa Kerajaan Kahuripan beserta Doho.

Memang dari konsep bangunan adat Jawa terutama di bagian atapnya sudah terdapat 4 soko guru yang diwujudkan dalam bentuk balok pengikat dengan persilangan di bagian tengah dan arahnya lebih cenderung miring.

Menariknya lagi, sosok arsitektur Masjid An Nur Kediri ini bukan merupakan orang Jawa atu Indonesia. Arsitektur Masjid An Nur Kediri adalah John Portman, berasal dari Amerika Serikat. Semua desain arsitektur baik eksterior sampai interior bangunan Masjid ini terbilang unik bahkan klasik dan sampai sekarang masih terus digunakan sebagai tempat ibadah.

Fasilitas dan tips

Ketika membahas soal fasilitas di sekitar Masjid An Nur Kediri sudah terdapat beberapa tempat makan, penginapan, hingga fasilitas kamar mandi. Jadi traveler bisa menikmati berbagai macam fasilitas lengkap yang secara khusus ditujukan bagi wisatawan.

Selain itu setiap pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk melihat desian serta keunikan Masjid An Nur Kediri. Tapi perlu diingat, Masjid An Nur Kediri merupakan tempat ibadah untuk umat Islam khususnya warga Kediri dan sekitarnya.

Karena itu sopan santun hingga tutur kata harus tetap dijaga. Kemudian untuk menikmati kisah sejarahnya, cobalah pakai fasilitas jasa guide agar kamu lebih jelas mengetahui semua kisahnya secara lebih lengkap dan detail. Banyak sekali kisah-kisah menarik seputar sejarah obyek wisata religi ini, sehingga sangat pantas dijadikan media pencarian spiritualitas dalam kehidupan.