Wisata Religi Keren di Jalan Salib Bukit Golgota Kediri

Objek wisata religi Gereja Puhsarang di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri banyak didatangi ribuan umat Katolik dari berbagai daerah, untuk memperingati Hari Raya Paskah Isa Almasih. Para umat Nasrani menggelar ibadah dengan berdoa mengelilingi patung replika jalan salib dan melakukan Jalan Salib Bukit Golgota.

Ibadah jalan salib yang dilakukan di Bukit Golgota Gereja Puhsarang. Para umat Katolik memanjatkan doa-doa kepada patung replika penyiksaan Tuhan Yesus. Mereka berdoa dengan penuh khidmat. Satu per satu patung replika penyiksaan Tuhan Yesus oleh pasukan Yahudi hingga bangkit kembali disusuri sambil berdoa dan menyerukan pujian-pujian menggunakan Bahasa Jawa.

Suasana Jalan Salib di Bukit Golgota Kediri.

Deskripsi Patung

Dari 15 stasi itu, 14 stasi di antaranya menggambarkan perjalanan kesengsaraan Yesus, mulai dari dijatuhi hukuman salib di pengadilan Pontius Pilatus, disiksa selama perjalanan ke puncak Bukit Golgota, dan penyaliban Yesus. Satu stasi lagi merupakan simbol kebangkitan Yesus.

Pengajaran yang disampaikan

Dengan doa jalan salib ini diharapkan adanya semangat dan kekuatan baru untuk membawa ajaran Tuhan agar saling melayani dan mencintai kepada sesama manusia. Prosesi doa Jalan Salib Bukit Golgota yang dilakukan oleh umat Katolik ini untuk merenungkan perjalanan kisah Tuhan Yesus yang disiksa hingga disalib dan wafat. Hal ini dilakukan untuk menebus dosa-dosa umat manusia.

Rutin dilakukan Jalan Salib

Prosesi jalan salib di Gereja Puhsarang sendiri sudah berjalan rutin sejak 2005 saat kali pertama gereja tersebut diresmikan. Rute jalan salib tersebut dibangun sedemikian rupa hingga menyerupai perjalanan Yesus ke puncak Golgota.

Tema tahun 2018

Tema perayaan Paskah untuk kali ini yakni persekutuan murid-murid Kristus yang selalu diperbaharui dan semakin dewasa dalam iman. Nantinya manusia yang sudah dibaptis dan percaya oleh Yesus dipersatukan dan selalu memperbaharui diri untuk sungguh-sungguh dan taat kepada Yesus dengan iman yang semakin dewasa.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi wisata religi Jalan Salib Bukit Golgota? Anda bisa datang ke Kediri tepatnya di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri untuk memperingati Jumat Agung. Tempatnya yang hening dan dikelilingi pohon akan membuat suasana lebih khusyuk, meskipun 750 umat Katolik dari Kediri mengikuti prosesi jalan salib memperingati wafatnya Isa Almasih di Gereja Puhsarang.