Wisata Alam Paling Komplet di Gunung Klotok Kediri

Sebagai salah satu kekayaan alam yang berlokasi di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, Gunung Klotok bisa disebut sebagai salah satu tujuan wisata andalan di kabupaten itu. Hal ini bila mengingat berbagai aktivitas outdoor yang beragam hingga rekreasi keluarga yang dapat traveler nikmati di area sekitar obyek wisata alam tersebut.

Gunung Klotok sendiri adalah semacam gunung yang merupakan gugusan dari Pegunungan Wilis, Jawa Timur. Lokasinya berada di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri, yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari gunung utama yaitu Gunung Wilis. Gunung Klotok memiliki ketinggian kurang lebih 536 MDPL.

Konon nama “Klotok” berasal dari kata “Kolo” dari kata berbahaya dan “tok” dari kata saja. Bisa diartikan sebagai gunung berbahaya. Tapi kondisi saat ini justru sebaliknya, gunung ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang liburan ke Kediri. Dari kejauhan panorama alamnya tampak indah. Bahkan tidak sedikit traveler menyebu seperti seorang perempuan sedang tidur nyenyak.

Daya Tarik Gunung Klotok

Selain cocok bagi pecinta alam untuk melakukan pendakian, Gunung Klotok juga memiliki sejumlah potensi wisata yang terbentuk secara alami, seperti misalnya goa-goa. Tujuan para pendaki gunung biasanya adalah Puncak Klop di mana terdapat prasasti yang menunjukkan puncak tertinggi gunung.

Selain itu Watu Bengkah yang merupakan puncak yang biasa digunakan untuk pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan RI. Jika datang tepat di pagi hari pada 17 Agustus, traveler akan merasakan suatu suasana yang sangat khidmad dan syahdu, penuh aroma nasionalisme.

Bagi pengunjung biasa setidaknya ada tiga goa yang bisa dikunjungi. Goa-goa tersebut antara lain yaitu Goa Selomangleng, Goa Selobale dan Goa Padedean. Traveler bisa mengeksplorasi kekayaan alam secara optimal dengan mengunjungi goa-goa tersebut.

Di kawasan yang sejuk dan cenderung dingin ini memang cocok untuk lokasi peristirahatan. Berbagai aktivitas juga bisa dilakukan oleh pengunjung. Apalagi didalamnya juga terdapat sumber mata air Lo atau biasa disebut Sumber Lo. Cocok bagi traveler yang ingin menikmati kesegaran air pegunungan.

Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga dan anak-anak, dapat menikmati water boom yang disukai anak-anak atau wisata lainnya adalah wisata edukatif yaitu Museum Airlangga yang ada di bagian terluar sebelum traveler memasuki kawasan Gunung Klotok lebih dalam.

Wisata yang beragam ini memang kemudian menjadikan kawasan Gunung Klotok sebagai salah satu tujuan utama rekreasi keluarga warga Kediri dan luar daerah. Udara yang sejuk dan berbagai infrastruktur pendukung untuk membuat wisatawan betah. Jadi jangan lupa singgah di obyek wisata alam tersebut saat liburan di kota ini.