Wisata Alam Kota Kediri yang Memikat Hati

Jawa Timur, ternyata memiliki banyak sekali kota dengan potensi wisata yang menarik. Salah satu kota yang harus ada di daftar tujuan anda saat mengeksplorasi Jawa Timur, adalah kota Kediri. Kediri adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur yang terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya. Kota  Kediri memiliki luas wilayah 63,40 km² dan terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer. Kota ini adalah kota terbesar nomor 3 di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Walaupun dikenal sebagai pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia, ternyata Kediri juga menyimpan banyak sekali tempat wisata alam yang bisa dikunjungi. Apa saja ya tempat wisata alam di Kediri? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Gunung Kelud.

Berjarak 27 kilometer dari pusat kota Kediri, objek wisata Gunung Kelud menawarkan pesona pemandangan hutan yang menyelimuti pegunungan. Dari pusat kota, perjalanan ke objek wisata ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu setengah jam menggunakan mobil. Sebelum mencapai area parkir, anda akan melewati jalan “misterius”. Konon, jika anda mematikan mesin mobil dan memindahkan gigi ke posisi netral, mobil akan tetap “mendaki” jalan yang menanjak. Daya tarik utama dari gunung kelud ini adalah anda dapat melihat kubah lava raksasa yang dikelilingi oleh perbukitan hijau. Selain itu anda juga bisa menghangatkan diri di sumber air panas Gunung Kelud. Terdapat pula beberapa atraksi menantang seperti flying fox dan ATV.

  1. Air Terjun Irenggolo.

Air terjun yang berada di kawasan gunung Wilis ini merupakan tempat wisata di kediri yang cukup menarik untuk dikunjungi. Jaraknya sekitar 28 kilometer dari pusat kota Kediri dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda empat. Dengan ketinggian sekitar 80 meter, air terjun ini memiliki keunikannya tersendiri yang mungkin tidak ditemukan di air terjun lain. Berbeda dengan air terjun lain, aliran air tidak jatuh secara tegak, melainkan melewati semacam “tangga” dari bebatuan. Aliran tersebut kemudian berkumpul di kolam yang tidak begitu besar dan dangkal. anda bisa bermain air bersama keluarga di kolam tersebut. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, anda juga akan disuguhi pemandangan lereng gunung Wilis yang memukau.

  1. Konto River Rafting.

Ingin berbasah-basahan sembari menguji adrenalin? Kota Kediri juga menawarkan atraksi menantang lainnya, yaitu Konto River Rafting yang juga dikenal sebagai Kediri Rafting. Untuk mencapainya, anda bisa berkendara selama sekitar 45 menit dari kota Kediri. Anda bisa memuaskan keinginan untuk berarung jeram mengarungi aliran sungai sepanjan 12 kilometer. Selain itu, Anda juga akan melewati sekitar 11 jeram dalam durasi 2 jam. Selain itu terdapat juga paket tambahan bagi anda yang ingin melakukan aktivitas luar ruangan lainnya, seperti outbound, paintball, flying fox, dan airsoft gun.

  1. Air Terjun Dolo

Selain air terjun Irenggolo, Kediri juga memiliki air terjun Dolo. Lokasinya berdekatan dengan air terjun Irenggolo dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit dari kota Kediri menggunakan kendaraan roda empat. Berbeda dengan bentuk air terjun Irenggolo, Air terjun ini terbagi ke dalam tiga tingkat, dengan tingkat teratas memiliki ketinggian sekitar 90 meter. Dalam perjalanan menuju air terjun, anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus yang asri. Jalan menuju air terjun berbentuk tangga batu yang tampak cantik dengan panjang sekitar satu kilometer. Berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, air terjun Dolo menawarkan suasana syahdu di tengah rimbunnya hutan pinus dan sejuknya udara lereng Gunung Wilis.

Menarik bukan tempat-tempat wisata di Kota Kediri? Meskipun tidak sebesar kota-kota lainnya, siapa sangka bahwa kota Kediri ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang mengagumkan dan tidak kalah dari objek-objek wisata di kota lain. Jika anda berencana ke provinsi Jawa Timur, jangan lupa mengunjungi kota Kediri, dan jadikan daftar wisata alam tersebut sebagai salah satu destinasi anda menjelajahi keunikan kota Kediri. Selamat berlibur!