Serunya Rafting di Sungai Kandangan, Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur

Salah satu aktivitas wisata alam yang banyak digemari kalangan muda saat ini adalah rafting yang sering juga disebut dengan istilah arung jeram. Dengan potensi sungai yang banyak tersedia di berbagai daerah di Indonesia maka wisata petualangan ini bisa berkembang secara cepat.

Di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur misalnya, ada wisata arung jeram baru yang menjadi perhatian masyarakat, yaitu arung jeram di Sungai Kandangan. Wisata arung jeram ini berada tepat di jalur strategis, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Aksesnya sangat yang mudah dijangkau dari berbagai daerah di sekitarnya seperti Malang, Kediri, Jombang, Surabaya dan Mojokerto.

Banyak operator arung jeram di Sungai Kandangan yang siap memberi pelayanan mengawal pengunjung menikmati keindahan Sungai Kandangan. Mengarungi sungai dengan suasana pedesaan dan kadangkala melewati jeram yang terjal memang selalu menimbulkan keseruan dan keasyikan tersendiri. Hal inilah yang ditawarkan dari wisata alam arung jeram di Sungai Kandangan ini.

Daya pikat

Beberapa hal menarik yang akan ditemui oleh pengunjung selama mengikuti arung jeram ini antara lain yaitu jembatan purba hingga meluncur di Songgo Utang. Tidak hanya itu saja, saat melewati aliran sungai yang tenang dan datar, traveler akan diajak menikmati perjalanan dengan perahu bambu yang disebut bamboo rafting. Selama perjalanan ini, pengunjung akan mendapatkan makanan ringan.

Tawaran lain yang tidak kalah menarik adalah aktivitas water tubing atau river boarding. Untuk jalurnya, pengunjung akan diajak menikmati perjalanan sepanjang 11,6 kilometer yang terbagi atas tiga trip, yang akan melewati beberapa spot andalan seperti Jeram Pring Rumbut, Jeram Ngepot dan Area Goa Pohon.

Selain itu juga ada Jembatan Purba, Dam Songgo Utang, Lembah Damai sampai menikmati jalur Pengkolan Antri, Jeram Sontoloyo kawasan dunia lain. Berikutnya akan ditambah lagi dengan Grojogan Limo, Deep Canyoon, sampai Taman Jurasik.

Di setiap penggal sungainya akan dijumpai beberapa pemandangan yang berbeda, kondisi air yang berbeda beserta jeram yang berbeda. Hal ini pasti bisa menambah keseruan petualangan para wisatawan.

Debit air Sungai Kandangan juga relatif tidak besar. Sehingga aktivitas arung jeram ini relatif aman untuk para pemula yang belum pernah melakukan aktivitas petualangan semacam ini. Selain itu sebelum berangkat, selalu ada petunjuk dari pemandu atau instruktur.

Untuk satu perahu, rata-rata dipakai oleh minimal lima orang. Harga paket yang ditawarkan sebenarnya relatif murah, yaitu sekitar seratus ribuan per orang. Hanya saja akan lebih baik bila pengunjung datang ke sini secara berombongan. Karena kuota minimum perjalanan ini adalah minimal lima orang.