Serunya Berwisata ke Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri termasuk ikon Kabupaten Kediri. Bentuk dari monumen tersebut hampir sama dengan Arc de Triompe yang berada di Paris, Prancis. Tapi Monumen Simpang Gumul yang ada di Kediri ini di inspirasi oleh Raja Jongko Joyoboyo.

Sampai saat ini, monumen tersebut telah menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Luas kawasan in juga sangat banyak, mencapai 37 hektare dengan luas bangunannya yang sangat lebar.

Wisata ke Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul

Pembangunan monumen dari Simpang Lima Gumul ini sejak tahun 2003. Bangunan diresmikan tahun 2008 oleh bapak Bupati Kediri dan menggagas untuk membangun monumen tersebut.

Luas bangunan monumen mencapai 804 meter persegi dengan tinggi sampai 25 meter. Bangunannya memiliki 6 lantai, dengan di tumpu 3 tangga dari lantai dasar tingginya sampai 3 meter.

Sedangkan bagian uniknya, angka tinggi dan luas monumen ini memiliki makna. Dengan melambangkan tanggal, bulan dan tahun jadinya Kabupaten Kediri. Yaitu pada 25 Maret 804 Masehi.

Keunggulan Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul sendiri berada di letak yang strategis. Terdapat juga berbagai sarana umum di sekitarnya.

Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan banyak fasilitas, seperti bank daerah, gedung pertemuan, terminal bus antar kota, gedung serbaguna, pasar tugu, transportasi umum dan wisata air.

Saat pagi hari, wisatawan dapat melihat banyak warga lokal. Bisa juga melihat wisatawan yang joging, bersantai dan bercengkerama di area tersebut. Akan ada juga pedagang kaki lima yang mulai berjajar di pasar tugu yang selalu ramai dikunjungi saat sabtu malam dan minggu pagi.

Fungsi Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri

Untuk fungsi dari monumen sendiri dijadikan sebagai tempat untuk pagelaran seni budaya. Dengan begitu pameran produk juga telah menjadi produk unggulan untuk Kabupaten Kediri.

Wisatawan juga dapat menjumpai beberapa event atau lomba. Seperti Jambore Nasional, gathering dari berbagai komunitas seperti drag race yang ada di Kota Kediri. Ada juga wahana permainan ke Gumul Paradise Island.