Rafting Sungai Konto Kediri, Sensasi Mendebarkan yang Sangat Menyenangkan

Kegiatan wisata petualangan tidak hanya bisa dilakukan dengan cara mendaki bukit, gunung atau menyusuri kawasan pantai saja. Di Kediri, terdapat sebuah wisata alam berbentuk sungai yang sangat asyik dijadikan wahana rafting atau arung jeram. Lokasinya berada di Kalurahan Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Destinasi yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 40 km dari kota Kediri ini menawarkan suatu petualangan mendebarkan namun sekaligus menyenangkan. Kegiatan utamanya adalah menyusuri Sungai Konto melalui rafting atau arung jeram.

Apa itu rafting

Rafting bisa diartikan sebagai suatu kegiatan yang mengkombinasikan antara unsur olahraga, petualangan dan rekreasi. Wahana utamanya adalah aliran sungai yang memiliki jeram. Oleh karena itu di Indonesia, aktivitas ini sangat populer dengan sebutan arung jeram.

Alat yang digunakan untuk rafting atau arung jeram antara lain perahu boat karet, kayak atau kano dan dayung. Kemudian untuk pengamannya dipakai jaket pelampung dan helm sebagai pelindung kepala. Sedangkan jaket pelampung untuk berjaga-jaga apabila ada peserta arung jeram yang jatuh, sehingga tetap mengambang di permukaan air meski tidak bisa berenang.

Agar suasananya terasa makin asyik dan menyenangkan, kegiatan arung jeram dilakukan oleh beberapa orang sekaligus dalam suatu kelompok. Setiap kelompok biasanya terdiri sekitar 5 sampai 8 orang termasuk pemimpin atau pemandu. Saat berada di tengah aliran sungai, tidak jarang dikasih permainan untuk menambah kemeriahan suasana.

Rafting Sungai Konto

Pemanfaatan Sungai Konto sebagai obyek wisata alam arung jeram baru dilakukan beberapa tahun lalu persisnya pada 2011. Begitu diresmikan, langsung mendapat tanggapan positif dari para traveler khususnya pecinta kegiatan rafting.

Sungai Konto yang terletak di perbatasan antara kota Kediri dan kota Malang memiliki arus yang sangat deras. Di aliran sungai ini, traveler akan diajak menyusuri sungai menggunakan perahu karet sejauh 11 km dalam jangka waktu 2 jam.

Jeram yang akan dilalui ada 11 dan masing-masing memiliki karakter beserta tantangan yang berbeda-beda. Traveler yang belum pernah melakukan kegiatan ini tidak perlu takut. Selama mengikuti prosedur dan instruksi yang diberikan oleh pemandu, dijamin akan aman.

Ketika masuk ke jeram, sensasi pertama yang muncul adalah perasaan yang sangat berdebar-debar. Namun setelah masuk jeram berikutnya, justru kesenangan yang selalu muncul dalam pikiran. Apalagi ditambah panorama alam Sungai Konto yang begitu indah penuh pepohonan lebat, membuat siapa saja jadi makin semangat ber-rafting ria.

Meski sifatnya penuh tantangan, obyek wisata alam rafting Sungai Konto Kediri tetap dapat dijadikan wahana rekreasi keluarga. Asal usianya sudah 13 tahun keatas, bisa ikut bergabung dalam kegiatan rafting dengan pendampingan orang yang lebih dewasa.