Pesona Keindahan Pantai Kedung Tumpang Tulungagung Dekat Kediri

Pesona alam di Kabupaten Kediri dan sekitarnya seperti tak pernah habis untuk dieksplorasi. Bahkan belum lama ini terdapat sebuah obyek wisata alam baru berupa pantai yang menjadi hits di kalangan pelancong, yaitu Pantai Kedung Tumpang. Lokasinya memang sedikit agak jauh dari pusat Kediri dengan jarak tempuh kurang lebih 65 km.

Kawasan pantai ini persisnya ada di Desa Pucunglaban, Kecamatan Pucunglaban, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Untuk mengakses lokasi tersebut perjalanannya memang membutuhkan perjuangan lumayan berat. Sebagian jalannya masih berupa tanah dan batuan. Selain itu medannya juga turun naik dan berliku-liku sekaligus banyak kelokannya.

Keunikan

Setelah tiba di tempat tujuan, semua pengorbanan dan rasa lelah dalam melakukan perjalanan ke Pantai Kedung Tumpang akan langsung terbayar lunas. Obyek wisata alam ini menyajikan panorama alam yang begitu cantik dan molek, penuh dengan aroma yang selalu menyejukan mata.

Sebetulnya, Pantai Kedung Tumpang sudah lama ditemukan. Namun baru beberapa tahun ini sering jadi pembicaraan, apalagi semenjak foto-foto pemandangan alamnya beredar di dunia maya khususnya media sosial facebook dan instagram.

Di destinasi wisata alam ini terdapat gugusan tebing dan batu karang dengan bentangan yang sangat luas. Oleh karena dikelilingi oleh tebing dan batu karang inilah yang membuat Pantai Kedung Tumpang tidak mempunyai hamparan pasir pada garis pantainya.

Banyak spot pemotretan

Dibalik itu, kondisi seperti ini justru menjadikan pantai tersebut memiliki keistimewaan yang berbeda dibanding pantai-pantai yang lain. Bagi wisatawan yang punya hobi fotografi, wajib hukumnya mengunjungi wisata alam yang satu ini.

Untuk menjangkau spot-spot obyek pemotretan, medan yang harus dilalui cukup terjal. Tapi tidak perlu terlalu khawatir, karena warga setempat telah menyediakan tali khusus yang bisa dipakai sebagai pegangangan tangan untuk mendaki dan menaiki atau sebaliknya turun dari puncak tebing.

Diantara tebing-tebing ini dapat dijumpai beberapa cekungan yang menjadi panorama utama pantai tersebut. Cekungan yang terbentuk secara alami dari batuan karang ini selalu dipenuhi air pantai yang sangat jernih dan bening, berwarna biru kehijauan.

Di tempat yang pemandangan alamnya sangat luar biasa indah ini, penggemar fotografi dapat memuaskan hobinya. Termasuk juga para pecinta alam yang ingin mengeksplorasi keindahan pantai dalam suasana yang lebih menggetarkan hati karena keindahannya yang begitu eksotis.

Karena belum dikelola secara resmi menjadi obyek wisata alam, tidak perlu bayar tiket saat masuk ke kawasan Pantai Kedung Tumpang. Namun sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan motor saja, karena jalannya tidak bisa dilalui oleh mobil. Selain itu siapkan bekal makanan dan minuman yang cukup sebab belum ada warung makan di tempat ini.