Pantai Sine Tulungagung Kediri, Wisata Alam Murah Dengan Panorama yang Indah

Menikmati panorama alam yang indah tidak harus selalu mengeluarkan biaya tinggi. Ketika traveler sedang berlibur ke Kediri, sangat disarankan mampir ke destinasi wisata alam Pantai Sine di Tulungagung, tepatnya berada di Dusun Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Bisa dikatakan, Pantai Sine merupakan obyek wisata alam yang sangat lengkap namun tidak perlu anggaran tinggi untuk menikmati semua sajiannya. Untuk memasuki kawasan pantai ini pengunjung tidak perlu membeli tiket kecuali biaya parkir saja.

Panorama dan kegiatan

Jalur untuk menuju Pantai Sine berada di pegunungan. Sehingga wisatawan selalu mendapat suguhan panorama alam yang begitu indah dan sejuk. Pantai Sine sendiri sebenarnya adalah sebuah pantai alami berupa teluk.

Masuk ke kawasan pantai, wisatawan dapat menyaksikan adanya tebing. Saat mendekatinya, terdapat mata air yang sangat bening dan jernih. Selain tebing di pantai ini juga ada kawasan hutan yang masih sangat alami dan sungguh menarik untuk dieksplorasi.

Pantai Sine sendiri adalah pantai berpasir hitam yang posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga ombak pantainya tergolong besar. Jadi bagi wisatawan yang mau bermain dan berenang di pantai tersebut, sebaiknya niat ini diurungkan saja karena resikonya sangat tinggi.

Namun jangan khawatir, masih banyak kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan. Misalnya menikmati keindahan pemunculan matahari atau sunrise pada pagi hari. Pantai ini menghadap kearah timur, sehingga proses terbitnya matahari akan terlihat makin cantik.

Jika tidak sempat datang pada pagi hari, masih ada pilihan lain yaitu mengeksplorasi kawasan Danau Cinta dan Hutam Cemara. Keduanya cocok didatangi oleh mereka yang gemar wisata pantai namun tidak terlalu tahan dengan cuaca panas. Suasana di kedua tempat tersebut lebih segar dan sejuk.

Sebenarnya, Danau Cinta merupakan suatu sungai yang aliran airnya menuju ke Pantai Sine. Tetapi saat musim kemarau tiba debit airnya tidak tinggi, aliran air sungai tersebut tidak bisa mengalir dan berubah bentuk menjadi telaga. Di sini, wisatawan dapat puas bermain sambil naik perahu atau sampan.

Kemudian bagi wisatawan yang ingin mengadakan petualangan yang lebih lengkap lagi, bisa mendirikan tenda dan camping di area pantai. Untuk melakukan kegiatan ini juga tidak akan ada biaya yang harus dibayar, kecuali minta izin pada pengelola atau masyarakat sekitar.

Selain camping, wisata kuliner juga tidak boleh dilewatkan. Obyek wisata alam Pantai Sine selalu menyajikan hidangan istimewa yang sangat khas berupa ikan asap. Selain bisa disantap langsung di warung-warung yang terletak di pinggiran pantai, masakan ini juga dapat dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.