Nikmatnya Mengekplorasi Wisata Alam Pendakian Gunung Wilis Kediri Jawa Timur

Para pecinta alam khususnya pendaki gunung mungkin sudah menaklukkan bebragai gunung di berbagai daerah di Indonesai. Tapi apakah sudah menaklukkan satu gunung di Kediri yakni Gunung Wilis? Hingga kini jalur pendakian Gunung Wilis menjadi spot wisata alam paling keren, sehingga banyak pecinta alam yang menginginkan sensasi mendaki pada waktu-waktu tertentu.

Gunung Wilis merupakan gunung non akitf yang lokasinya berada di Kediri, Jawa Timur. Obyek wisata alam ini mempunyai ketinggian yang mencapai 2.169 meter di atas permukaan laut. Kawasannya berada diantara enam kabupaten sekaligus yakni Nganjuk, Tulungagung, Kediri, Madiun, Ponorogo hingga Trenggalek.

Pemandangan alam

Secara khusus objek wisata alam Gunung Wilis ini menjadi salah satu gunung yang memiliki air terjun tersembunyi cukup banyak bahkan masih belum terjamah manusia. Pada bagian tertentu wisata Gunung Wilis ini sudah dikelola menjadi tempat wisata hingga beberapa spot wisatanya berupa air terjun Ironggolo dan air terjun Dholo menjadi tempat liburan menarik bagi wisatawan.

Pilihan rute pendakian

Jika traveler ingin melakukan pendakian ke Gunung Wilis, Kediri cobalah memulai rute dari Kabupaten Kediri atau tepatnya di Kecamatan Mojo. Sedangkan untuk menuju ke puncak Gunung Wilis juga sudah terdapat jalur dari daerah Mojo kemudian bisa juga dari Kecamatan Semen.

Bagi para pendaki pemula, bisa memanfaatkan jalur alternatif baru yang telah dibangun oleh pemerintah Kediri dengan luas cukup lebar. Jalur ini bahkan dapat menampung kendaraan 2 mobil sekaligus. Jadi dari kondisi jalannya sendiri terbilang cukup memadahi sehingga dapat memberi pengalaman mendaki lebih mengasyikkan.

Ddari arah selatan juga bisa dijadikan rute pendakian alternatif dan diawali dari Kecamatan Sendang atau bisa pula dari Kecamatan Tulungagung. Kemudian untuk jalur pendakian dari sisi utara juga dapat traveler mulai di Kabupaten Nganjuk. Lalu untuk yang datang dari arah barat, bermula di Kabupaten Ponorogo dan bisa juga di Kabupaten Madiun.

Jadi bisa dijabarkan apabila setiap pendaki bisa menggunakan rute Madiun, Kediri, Nganjuk, dan Ponorogo. Maka dari itu bagi para pendaki akan lebih leluasa dalam menentukan rute terbaik yang mampu memberi kenyamanan hingga keselamatan.

Cobalah mendaki pada saat tertentu terutama pada musim kemarau karena pada saat musim hujan biasanya medan akan makin sulit dilalui karena terkendala cuaca buruk. Pengalaman mendaki di Gunung Wilis Kediri dapat juga kamu abadikan bersama teman kemudian jagalah selalu kebersihan saat melakukan mendaki. Selain itu yang tidak kalah penting adalah jangan merusak lingkungan di obyek wisata alam tersebut.