Merasakan Sensasi Keindahan Alam Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur

Gunung Kelud adalah salah satu destinasi wisata alam andalan kabupaten Kediri Jawa Timur dengan landscape utama kubah lava. Aksesnya terbilang mudah dan kondisi jalannnya sangat mulus meski agak sempit.

Di sepenjang perjalanan selalu ditemui panorama berupa lembah, ladang dan perbukitan yang penuh nuansa hijau. Sebagian besar ditanami buah nanas yang juga menjadi produk andalan daerah tersebut. Selama ini Kediri memang dikenal sebagai sentra budidaya nanas di provinsi Jawa Timur.

Jalan penuh misteri.

Ketika melakukan perjalanan menuju puncak gunung Kelud, wisatawan akan melalui sebuah jalan yang acapkali disebut sebagai mysterious road. Pemberian nama jalan ini terkait dengan adanya suatu fenomena aneh tapi sangat unik di kawasan ini. Setiap kendaraan yang melewati jalur bisa naik berjalan naik meski mesinnya sedang dalam posisi dimatikan atau dinetralkan.

Sebagai pembuktian, wisatawan dapat meletakan botol berisi air di daerah paling rendah dari jalan tersebut dengan posisi horizontal. Ketika air dari botol tersebut tumpah dan keluar, tidak lama kemudian akan muncul sebuah keanehan. Air dari dalam botol ini tidak jatuh kebawah, namun justru naik keatas.

Panorama yang bisa dinikmati di gunung Kelud.

Kubah lava yang ada di gunung Kelud dapat dinikmati keindahannya melalui gardu pandang yang terletak di Puncak Gajah Mungkur. Pada malam hari pemandangan disekitarnya terlihat makin cantik karena dihias dengan lampu berwarna-warni, mirip butiran batu manikam yang bertebaran di segala penjuru.

Selanjutnya ketika hari beranjak pagi, dihadapan mata akan tampak pemandangan lain yang tidak sensasional berupa terbitnya matahari atau sunrise dari arah timur. Sensasi yang begitu asyik untuk dinikmati ini akan terlihat makin sempurna apabila cuaca sedang cerah dan tidak ada kabut yang menutupi awan.

Matahari berbentuk bundar dan berwarna jingga akan terlihat jelas laksana mata raksasa yang sedang mengintai musuhnya. Karena itu tidak mengherankan jika sebagian besar pelancong lebih suka naik pada malam hari dan menginap di tempat tersebut hingga pagi hari.

Tips wisata di gunung Kelud.

Hampir semua akses ke gunung Kelud dalam kondisi berkelok-kelok dengan tikungan yang cukup tajam. Untuk menghindari kecelakaan, setiap belok ke tikungan bunyikan klakson agar pengguna kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan bisa saling mengetahui.

Tips berikutnya, suhu udara di sekitar gunung Kelud selalu dingin. Sehingga wisatawan harus menyiapkan pakaian atau jaket tebal dan tutup kepala agar tubuh bisa terlindung dari terpaan angin. Selain itu jangan lupa menggunakan sandal khusus pendakian agar lebih nyaman saat menaiki puncaknya.