Merasakan Kehidupan Suku Indian di Kampung Indian Ngancar Kediri

 

Kediri makin menggeliat dalam urusan wisata. Belum lama ini muncul sebuah destinasi baru yang dikenal dengan sebutan Kampung Indian Ngancar. Lokasinya terletak di Dusun Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur. Meski baru dibuka pada bulan Agustus 2017, namun kehadirannya langsung mendapat sambutan hangat dari para traveler.

Atraksi yang ditawarkan

Selaras dengan namanya, Kampung Indian Ngancar menawarkan atraksi-atraksi penuh aroma budaya suku Indian. Konsepnya berupa taman rekreasi, cocok didatangi traveler yang senang mengadakan acara liburan secara beramai-ramai bersama sahabat dan keluarga. Destinasi ini memang sengaja dikembangkan dengan segmentasi segala usia.

Terletak di atas lahan seluas kurang lebih 0,56 ha, Kampung Indian Ngancar dikelilingi oleh  tanaman buah nanas dan hutan sengon. Suasananya benar-benar mirip dengan perkampungan Indian asli yang ada di Benua Amerika. Dengan membayar tiket masuk seharga 5 ribu rupiah, traveler bisa merasakan bagaimana Suku Indian menjalani kehidupannya.

Kegiatan

Di Kampung Indian Ngancar, traveler dapat menyaksikan beberapa bangunan cantik bergaya khas Indian. Bentuknya kerucut lancip setinggi kurang lebih 2,5 m dengan penampakan yang sangat ceria penuh warna-warni. Deretan rumah Indian ini merupakan spot utama yang paling sering dipilih pengunjung untuk mengadakan sesi foto bersama maupun selfi.

Jika ingin menghadirkan kesan yang lebih heboh lagi, tersedia berbagai macam perhiasan dan pernak-pernik bernuansa etnis Indian seperti mahkota kepala dari bulu-bulu, anting, kalung dan masih banyak lagi. Berfoto sambil mengenakan aneka properti tersebut tentu akan selalu membuat wisatawan makin pantas berfoto dengan latar belakang rumah Indian.

Puas berfoto-foto dan selfie, kegiatan wisata dapat dilanjutkan menuju spot lainnya yang juga sangat menarik yaitu menara pandang. Merara pandang ini terbuat dari material kayu dengan gaya desain seperti rumah panggung. Karena itu menara pandang ini lebih sering dinamakan sebagai rumah kayu.

Dari rumah kayu setinggi beberapa meter ini, traveler bisa menyaksikan panorama Kampung Indian Ngancar secara keseluruhan. Panorama alamnya sangat indah, apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari perbukitan Gunung Wilis. Jadi tidak mengherankan pula apabila suasananya selalu terasa segar dan sejuk.

Kegiatan berikutnya yang dapat dipilih oleh traveler di destinasi ini adalah berenang. Kolam renangnya persis berada di depan deretan rumah Indian. Sangat menyegarkan tubuh bermain dan berenang di kolam ini. Apalagi airnya sangat jernih dan bening, bewarna kebiruan ketika dipandang dari kejauhan.

Dilihat dari konsepnya, dapat dikatakan bahwa destinasi ini merupakan obyek wisata budaya dan pendidikan terutama bagi anak-anak. Melalui berbagai macam kegiatan yang dilakukan di Kampung Indian Ngancar Kediri, traveler dapat mengetahui budaya serta kehidupan suku Indian tanpa harus terbang jauh ke Benua Amerika.