Menikmati Sejuknya Alam Di Desa Wisata Medowo Kediri

Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri telah ramai dikunjungi meski belum resmi dibuka destinasi wisata bukit Gandrung Tanggulasi. Pesona alam khas perbukitan di desa setempat seakan menjadi magnet tersendiri untuk mendatangkan pengunjung. Selain itu, potensi kekayaan alam yang banyak tumbuh pohon durian dan buah-buahan juga menjadi andalannya.

Di Desa Wisata Medowo, Kecamatan Kandangan akan digelar kegiatan wisata desa dengan tema “Dhahar Durian” yang digelar di mana durian-durian itu disajikan. Desa tersebut terletak di ujung timur Kabupaten Kediri.

Apa saja yang disajikan oleh Desa Wisata Medowo?

Susu dari sapi perah

Setibanya di sana akan sangat mudah dijumpai warga yang membawa wadah drum susu sapi. Memang di daerah itu dikenal sebagai sentra susu sapi yang sebagian besar masyarakat mempunyai sapi perah. Bahkan, telah muncul produk inovasi dari UMKM berbahan baku susu. Pihak desa menyiapkan 3.000 gelas susu gratis.

Durian yang nikmat

Karena acaranya dimulai pukul 08.00 WIB, untuk bisa menikmati durian pengunjung harus hadir lebih awal. Pengunjung juga harus mempunyai kupon untuk ditukarkan dengan durian. Di pos pintu masuk desa tersebut, kupon itu bisa didapatkan. Durian-durian itu nantinya akan ditata dalam bentuk 5 gunungan yang berderet.

Pemandangan yang menakjubkan

Desa Wisata Medowo yang berada di atas bukit terlihat deretan gazebo berbahan dasar bambu terjejer rapi di Bukit Gandrung Tanggulasi. Banyak sekali tempat foto yang instragramable berkonsep bangunan menyerupai pohon besar. Terhampar lahan pertanian yang hijau dan enak dipandang, karena posisi desa yang berada di lereng gunung.

Ciptakan Ekonomi Kreatif

Ir Sutrisno, pengamat pariwisata Kabupaten Kediri mengatakan kawasan ini memiliki potensi wisata yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Pihak pengelola berharap anggaran untuk desa yang sudah ditentukan dari pemerintah daerah agar ditambah guna menyokong kemajuan potensi di setiap desa.

Wisata bisa berkembang lagi

Pihak pengelola berharap setidaknya ada kawasan yang strategis dapat diarahkan ke pariwisata, dalam satu konteks peningkatan destinasi wisata yang terpadu. Misalnya dari potensi pertanian, buah-buahan bisa dijadikan ciri khas untuk menarik minat wisatawan.

Selain itu, diharapkan pemerintah daerah dapat membantu pelebaran jalan. Karena akses jalan menuju ke destinasi Medowo masih perlu pelebaran jalan.

Itulah sekilas informasi tentang Desa Wisata Medowo. Apakah Anda berminat untuk mengunjunginya? Nikmati waktu liburan Anda dengan menghirup udara segar pedesaan dan menikmati hasil alamnya.