Menikmati Kesegaran Alam di Air Terjun Parijotho Kediri Provinsi Jawa Timur

Satu lagi objek wisata alam yang indah ditawarkan Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Warga Kediri menemukan sebuah air terjun yang memiliki pesona yang lebih dibanding air terjun yang ada sebelumnya. Penemuan ini menambah daftar wisata alam yang ditawarkan kabupaten ini.

Namanya yaitu air terjun Parijotho. Air terjun ini relatif masih baru, sehingga belum banyak pengunjungnya. Air terjun Parijotho berada di Desa Pamongan, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dan ditemukan oleh warga pada tahun 2010 lalu. Dibanding air terjun lain yang sudah dieksplorasi sebelumnya seperti air terjun Dollo atau air terjun Irenggolo, Parijotho disebut-sebut lebih cantik dan menarik.

Air terjun ini memang belum mempunyai infrastruktur yang memadai, termasuk akses yang cukup untuk menuju ke sana. Tapi masyarakat setempat terus mengupayakan pengembangan lokasi ini, karena dinilai akan mampu meningkatkan perekonomian warga setempat apabila lokasi ini menjadi tujuan wisata.

Daya tarik

Lalu apa yang menjadi daya tarik air terjun ini?. Berbeda dengan air terjun yang sudah ada di Kabupaten Kediri, air terjun Parijotho ini mempunyai tingkatan atau sap tiga. Masing-masing sap berketinggian kurang lebih 40 meter. Bagaikan selendang yang dilepas dari tebing tinggi, debet air terjun ini memancar dengan deras, membawa kesegaran lokasi di sekitarnya.

Lokasi air terjun Parijotho berjarak sekitar 5 kilometer arah selatan air terjun Dolo maupun Irenggolo. Untuk menuju ke sana traveler harus melewati hutan dan hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki.

Karena itulah warga setempat terus berupaya membuka akses menuju lokasi air terjun. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi misalnya, hanya bisa memarkir kendaraannya 3 kilometer dari lokasi dan harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Namun keletihan selama perjalanan jalan kaki ini akan terbayar ketika traveler sudah sampai di area air terjun Parijotho. Lelah dan panas akan terhapus dengan sendirinya saat menikmati keindahan air terjun ini. Karena masih semi trekking alias jelajah alam, maka diharapkan para pengunjung menyiapkan bekal makan dan minum masing-masing bila tidak ingin kelaparan atau kehausan.

Akses paling mudah untuk menuju ke lokasi air terjun ini adalah melalui Pondok Pesantren Al Falah yang berlokasi di Desa Ploso, Kecamatan Mojo. Dari pondok pesantren ini tinggal menuju arah barat sejauh kurang lebih 12 kilometer. Setelah itu langsung sampai di area air terjun. Dijamin, mata akan selalu termanjakan oleh panorama alam di sekitar destinasi wisata alam terbaru tersebut.