Kriuk kriuk Renyahnya Wisata Kuliner Kerupuk Pasir Desa Bulusari Kediri

Di Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri, kawasan ini merupakan tempat penghasil krupuk paling besar di kota Kediri tepatnya di Pojok Desa Bulusari. Bahkan, desa ini dijuluki dengan Kampung Kerupuk. Di sepanjang jalan masuk lokasi wisata kuliner ini akan terlihat banyak kerupuk mentah yang sedang di jemur. Bahkan, ada juga lapangan sepak bola yang sedang digunakan untuk menjemur kerupuk.

Apabila traveler berpikir jika Kediri hanya terkenal dengan tahunya, sepertinya traveler harus menepis jauh-jauh anggapan tersebut. Karena nyatanya Kediri memiliki wisata kuliner lain yakni kerupuk pasir.

Lokasi wisata kuliner kerupuk pasir

Di Desa Bulusari, terdapat kurang lebih 50 kepala keluarga yang menjadi pengusaha kerupuk pasir. Kerupuk pasir yang juga sering disebut sebagai kerupuk “upil” dari Bulusari terkenal dengan rasanya yang gurih serta nikmat, beda dengan produk krupuk yang berasal dari daerah lainnya.

Pilihan oleh-oleh dari Kediri

Bahan dasar dari krupuk pasir ini ialah tepung tapioka dan dipilih dari kualitas paling baik, ditambah dengan bumbu resep dari keluarga. Pewarnaan krupuk mempergunakan pewarna makanan sehingga sangat aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Pengusaha kerupuk di desa ini biasanya hanya memproduksi kerupuk krecek atau mentahan saja. Seringnya bila sudah dikirim ke pemesan, baru di goreng oleh pemesan. Jadi bagi setiap traveler yang singgah, dapat memilih kerupuk tersebut sebagai oleh-oleh.

Penggorengan tidak dilakukan dengan sembarangan karena harus benar-benar menggunakan pasir panas dan steril. Apabila tidak, pasir yang digunakan untuk menggoreng akan lengket dengan kerupuk. Karena digoreng memakai pasir inilah, wisata kuliner tersebut dinamakan kerupuk pasir.

Hasil produksi kerupuk pasir dari Desa Bulusari akan dikirim di seluruh wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah. Jika mau beli kerupuk pasir untuk oleh-oleh, traveler bisa menemukannya di Alun-alun Kediri, Yos Sudarso, Jalan Patimura dan pusat oleh-oleh lainnya.

Di tempat tersebut banyak kerupuk pasir dengan berbagai macam jenis yang telah digoreng dan dikemas berbagai jenis ukuran. Rasa yang biasanya ditawarkan juga beragam mulai dari pedas, asin, manis hingga rasa bawang. Apabila ingin membeli mentahnya, tentu saja pilihan terbaiknya adalah datang langsung ke Desa Bulusari.

Harga kerupuk pasir dibanderol cukup beragam. Untuk krupuk mentah, dibanderol dengan harga mulai dari Rp 8.000 per kilogram. Sedangkan untuk krupuk matang, sudah ditimbang per gram.

Apabila traveler tidak ingin ribet dengan urusan penggorengan, lebih baik membeli krupuk yang sudah matang dan tinggal dinikmati saja, dibanding dengan membeli mentah, dan harus digoreng menggunakan pasir di rumah.