Keindahan Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur Sebagai Wisata Sejarah

Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur termasuk salah satu tempat wisata yang memiliki sejarah tersendiri. Sampai saat ini telah menjadi wisata alam yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Baik saat hari biasa maupun saat mulai weekend.

Selain itu, gunung Kelud juga masih dalam status aktif dan sudah beberapa kali meletus sejak tahun 1000 Masehi. Gunung Kelud juga menjadi objek wisata paling terkenal di kota Kediri, terutama dengan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan. Untuk menuju gunung Kelud sendiri, jarak dari kota Kediri hanya sekitar 27km.

Wisata Sejarah & Keindahan Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur

Wisata Sejarah Gunung Kelud

Gunung kelud sendiri sudah meletus sampai 30 kali dari tahun 1000 Masehi. Memiliki catatan terakhir meletus pada tahun 2014 dan letusan yang dihasilkan sangat dahsyat. Tapi meskipun begitu, gunung Kelud juga menjadi alternatif liburan untuk warga lokal dan wisatawan luar kota.

Selain itu gunung kelud juga memiliki sejarah tersendiri. Terutama bagi warga yang berada di sekitarnya. Menurut legenda, gunung Kelud terbentuk karena adanya pengkhianatan cinta dari seorang putri. Bukan berasal dari gundukan tanah yang meninggi secara alami. Putri tersebut bernama Dewi Kilisuci dan pengkhianatan dilakukan terhadap 2 raja sakti. Yaitu raja Lembu Suro dan raja Maheso Suro.

Untuk menolak lamaran, maka Dewi Kilisuci membuat sebuah sayembara. Tapi sayembara tersebut tidak mungkin dilakukan oleh manusia biasa. Dengan membuat 2 sumur di atas puncak gunung.

Keindahan Wisata Gunung Kelud

Saat Anda berkunjung ke gunung Kelud, Anda dapat menikmati keindahan alamnya. Penduduk lokal juga sangat ramah terhadap wisatawan yang datang. Baik wisatawan lokal maupun luar negeri.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati sumber air panas yang berada di bawah gunung Kelud tersebut.

Untuk dapat mencapainya, Anda harus memiliki fisik yang prima terlebih dahulu. Karena untuk menuju sumber air panas, perlu menuruni tangga yang cukup menguras tenaga. Tapi meskipun begitu, saat sudah sampai sumber air panas, maka rasa lelah Anda akan segera terbayarkan.