Joho Sumber Podang Kediri, Desa Wisata Penuh Keindahan dan Keunikan

Dengan segala keindahan beserta keunikannya, Desa Joho yang berada di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur muncul sebagai suatu desa wisata yang layak dilirik untuk dikunjungi. Pengembangan kawasan tersebut tidak terlepas dari peran aktif para warga desa itu sendiri.

Mereka membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dengan nama Sumber Podang. Maka destinasi wisata alam di desa ini semakin terkenal dengan Desa Wisata Joho Sumber Podang. Desa tersebut tidak hanya menawarkan kegiatan liburan bernuansa pedesaan saja. Selain itu akan ada banyak sekali pengalaman yang didapat traveler setelah singgah di desa tersebut.

Panorama desa

Desa Joho merupakan suatu daerah yang mempunyai potensi alam sangat luar biasa. Kondisi alamnya sangat subur dan selalu terlihat hijau. Hal ini disebabkan pasokan airnya yang begitu melimpah. Sumber utamanya berasal dari aliran sungai dan Embung Joho.

Udaranya selalu terasa sejuk karena ditumbuhi aneka pepohonan. Panoramanya yang sangat cantik, tidak pernah berhenti mengajak traveler untuk masuk dalam dunia relaksasi alam yang selalu asri. Penawaran seperti inilah yang membuat setiap wisatawan berasa senang dan betah berada di desa ini.

Kegiatan

Obyek wisata Desa Joho menyediakan berbagai ragam kegiatan wisata dengan keunikan dan keistimewaan yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu tracking ke Embung Joho. Sumber air ini meski ukurannya tidak terlalu besar, namun memiliki pesona keindahan alam yang sangat luar biasa. Di embung ini traveler bisa berenang sambil menikmati segarnya air pegunungan.

Masih berkaitan dengan air, kegiatan river tubing sambil menyusuri aliran sungai juga tidak kalah mengundang kesenangan. Melalui kegiatan tersebut, traveler akan diajak mengelilingi sungai memakai ban pelampung yang ditarik oleh pemandu. Panorama yang disajikan antara lain hijaunya area persawahan, perkebunan dan masih banyak lagi.

Selain bernuansa petualangan alam, masih ada kegiatan wisata lain yang mengandung muatan sejarah dan religi misalnya berkunjung di Candi Gangsang dan beribadah sholat di Mushola Syeh Bela Belo. Mushola ini merupakan peninggalan salah seorang pengikut Sunan Kalijaga sekaligus keturunan raja Majapahit yang terakhir, Prabu Brawijaya.

Eksplorasi selanjutnya lebih menitikberatkan pada wisata pendidikan, seperti teknik budidaya lebah madu, belajar membuat kerajinan dari janur atau anyaman bambu dan sebagainya. Lalu untuk traveler yang suka memasak, bisa belajar memasak nasi tiwul. Sedangkan bagi traveler yang senang berkebun, dapat mencari ilmu baru tentang dunia pertanian.

Sebagai obyek wisata alam berkonsep rekreasi keluarga, Desa Joho juga menyediakan aneka wahana permainan untuk anak-anak seperti outbond, flying fox, ice breaker, spider net serta kegiatan-kegiatan menarik lainnya. Tidak akan ada ruginya menjadikan destinasi ini sebagai lokasi utama berekreasi saat liburan di Kediri.