Jalan jalan Seru ke Bendung Gerak Waru Turi Kediri Jawa Timur

Keberadaan bendungan atau waduk Indonesia biasanya tidak hanya fungsi untuk pengendali banjir, pembangkit listrik tenaga air, maupun sebagai sumber irigasi pertanian. Namun lebih dari itu, bendungan kerap memberikan efek sampingan, yaitu memiliki potensi sebagai tujuan wisata alam.

Hal sama juga terjadi bila traveler jalan-jalan ke Kota Kediri, yang berada di Provinsi Jawa Timur. Ada Bendung Gerak Waru Turi yang saat ini menjadi salah satu tujuan rekreasi warga Kota Kediri maupun wisatawan luar daerah. Bendung Gerak Waru Turi ini terletak di Desa Gampingrejo, Kediri, atau sekitar 10 kilometer dari arah pusat kota.

Bendungan ini merupakan salah satu ikon wisata alternatif di kota tersebut. Saat akhir pekan maupun liburan, banyak masyarakat yang memilih Bendung Gerak Waru Turi sebagai lokasi bersantai bersama keluarga atau teman terdekat sesama pecinta wisata alam.

Wahana Wisata

Berbeda dengan bendungan pada umumnya, Bendung Gerak Weru memiliki panjang 159,80 meter x 74,50 m ini punya sejumlah daya pesona wisata yang memang sengaja disediakan oleh pengelolanya. Umumnya orang datang ke sini untuk memancing karena bendungan yang mengendalikan air Sungai Brantas ini sangat kaya akan ikan.

Namun, selain memancing, warga atau pengunjung juga bisa bermain air di wahana setempat yaitu berupa kolam air. Selain juga terdapat pula kandang kijang dan arena bermain lainnya. Aroma liburan menyenangkan akan selalu terasa di lokasi ini.

Saat ini sedang hits berfoto di dalam air atau biasa disebut underwater. Nah, hal sama juga bisa dilakukan di kolam renang yang berada di Bendung Gerak Waru Turi ini. Selain berfoto di dalam air, pengunjung bisa berfoto di sekitar bendungan yang memang memiliki panorama sangat bagus.

Akses menuju lokasi

Untuk menuju lokasi Bendung Gerak Waru Turi sebenarnya cukup mudah. Bila dari Kediri, maka wisatawan dapat mengakses Jl Kertosono-Kediri. Ini adalah lokasi yang paling mudah untuk menuju ke bendungan tersebut.

Sementara itu rute alternatifnya bisa melalui Jl Pamenang. Menggunakan angkutan umum dapat saja dilakukan, tinggal berhenti di lokasi paling dekat dengan bendungan. Kemudian dilanjutkan dengan naik ojek atau bahkan bila berhenti di lokasi paling dekat boleh berjalan kaki menuju lokasi.

Paling mudah adalah menggunakan kendaraan pribadi. Di lokasi bendungan tersedia lokasi parkir yang cukup luas. Lalu untuk bisa masuk dan menikmati wahana yang ada, pengunjung dikenai tiket dengan tarif seharga Rp 11.000 per orang.