Goa Selobale Kediri Keindahan Wisata Alam yang Berbalut Kisah Misteri

Sebagai salah satu kota tua di Provinsi Jawa Timur, Kediri memiliki banyak objek sejarah. Menariknya sejumlah situs sejarah yang dijadikan sebagai destinasi wisata tersebut dikelilingi panorama alam yang indah. Sehingga berpadulah wisata sejarah dengan wisata alam yang memberikan fungsi rekreatif sekaligus edukatif.

Salah satu dari situs sejarah yang diselimuti panorama indah tersebut adalah Goa Selobale yang terletak di kaki Gunung Klothok. Nama goa ini bagi sebagian traveler terdengar masih asing karena baru difungsikan sebagai objek pariwisata sejak pertengahan tahun 2017 lalu.

Sejarah Singkat Goa Selobale Kediri

Dalam sejarah kerajaan Panjalu, keberadaan kawasan Gunung Klothok memiliki arti penting, Selain dipakai sebagai tempat untuk olah kanuragan bagi para prajurit, juga menjadi tempat untuk bertapa atau bersemedi raja dan para pembesar kerajaan.

Konon, di Goa Selobale itulah Putri Mahkota dari Raja Airlangga bertapa dan menghabiskan sisa hidupnya, setelah menolak takhta yang diwariskan kepadanya. Penolakan Putri Mahkota yang bernama Sanggramawijaya Tunggadewi yang kemudian berganti nama menjadi Dewi Kilisuci.

Peristiwa bersejarah lain yang mewarnai Goa Selobale adalah dijadikannya goa ini sebagai tempat persembunyian sekaligus tempat mengatur strategi oleh Trunojoyo pada saat melawan tentara Belanda pada era penjajahan. Trunojoyo merupakan seorang tokoh dari Madura yang sangat berani melawah pemerintah kolonial.

Indahnya Alam Berbalut Misteri di Goa Selobale Kediri

Diluar peristiwa bersejarah yang mewarnai, Goa Selobale memiliki daya tarik tersendiri sebagai objek wisata sejarah. Di dalamnya bisa ditemui tempat pemujaan dan arca. Sementara di sekitar lokasi goa, ditumbuhi pohon-pohon besar dan rindang serta air terjun kecil dengan airnya yang jernih.

Meski hanya kecil saja, tapi air terjun ini mampu menghadirkan kesegaran bagi para traveler yang baru saja menempuh perjalanan untuk datangke goa tersebut. Walau tidak dapat dipakai untuk berenang, tetapi dijamin kesegaran airnya akan membuat tubuh menjadi bugar kembali setelah diusapkan pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Goa Selobale, pasti akan mencium bau dupa, yang menandakan jika  goa tersebut hingga kini masih dipakai sebagai tempat menjalankan ritual. Atas dasar inilah traveler harus selalu menjaga kesopanan dan perilaku saat memasuki obyek wisata sejaran dan religi tersebut.

Selain suasana mistis yang dihadirkan tempat wisata ini, keindahan alam juga dapat dinikmati lewat pemandangan yang ada di area sekitar goa. Panoramanya benar-benar cantik dan unik, sangat sayang jika tidak diabadikan dalam bentuk foto maupun video.