Candi Tritis, Candi Peninggalan Majapahit di Tulungagung Tidak Jauh Dari Kediri

Tidak kalah dengan Kediri, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur juga mempunyai banyak cerita sejarah dengan berbagai peninggalan sejarahnya. Peninggalan sejarah ini antara lain bangunan hingga benda-benda yang ditemukan di wilayah kabupaten tersebut. Beberapa candi juga ditemukan di kabupaten ini.

Salah satu candi yang ditemukan di Kabupaten Tulungagung dinamakan Candi Tritis, yang berada di Gunung Budek. Candi ini sudah cukup lama ditemukan, namun tentang bagaimana sejarahnya hingga kini masih belum terkuak. Konon ini adalah salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit, sama seperti banyak candi-candi yang ditemukan di wilayah Kabupaten Tulungagung dan Kediri.

Banyak cerita yang berkembang sehubungan keberadaan Candi Tritis ini. Namun secara pasti belum ada bukti-bukti atau penelitian tentang latar belakang keberadaan candi ini. Beberapa mitos juga berkembang di masyarakat terkait candi ini. Namun, lebih banyak tentang riwayat Gunung Budek yang menjadi lokasi candi ini.

Tempat berziarah

Candi Tritis sendiri sebenarnya tingga sebuah patung, yaitu patung perempuan dengan posisi kedua tangannya diletakkan pada dada dalam posisi menyembah. Sayangnya tangan ini sudah putus. Tapi meskipun hanya tinggal satu, patung ini tetap dikeramatkan.

Bahkan masyarakat kerap berziarah ke Gunung Budek untuk berdo’a di Candi Tritis. Mereka biasanya berharap mendapat berkah, baik rejeki, enteng jodoh maupun kesembuhan penyakit. Selain menjadi obyek wisata sejarah, Candi Tikus memang seringkali didatangi untuk tujuan rohani dan religi.

Berdasarkan legenda yang berkembang di masyarakat konon lokasi ini dulunya merupakan sebuah rawa, yang diberi nama Bonorowo atau kubangan luas yang berisi air. Namun lama kelamaan muncul bukit kecil yang akhirnya diberi nama Gunung Budek.

Lokasi Gunung Budek sendiri berada pada ketinggian 671 di atas permukaan laut, tepatnya di Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Lokasi Gunung Budek dengan Candi Tritis saat ini menjadi hits kembali di jaman smartphone seperti sekarang ini. Banyak anak muda yang berkunjung untuk mengambil foto lalu dipublikasikan di media sosial.

Untuk menuju ke Gunung Budek, dari alun-alun Tulungagung tinggal menuju ke perempatan titik nol, kemudian lurus hingga perempatan Tamanan. Setelah itu arahkan kendaraan menuju perempatan Pasar Burung Beji. Dari sini lurus hingga perempatan Pasar Boyolangu.

Sampai di perempatan tersebut, masih lanjut lurus ke selatan, sejauh kira-kira sekitar 500 meter hingga bertemu Pom Bensin. Dari Pom Bensin, cari minimarket kemudian di sebelah minimarket ada gang masuk yang menjadi tempat parkir 24 bagi para pengunjung Gunung Budek. Dari sinilah kita wisatawan bisa memulai menuju ke Gunung Budek dan obyek wisata sejarah Candi Tritis dengan jalan kaki.