Bukit Gandrung Kediri, Keindahannya Selalu Memunculkan Semangat Berpetualang

Dalam bahasa Jawa, ‘gandrung’ punya arti cinta atau semangat. Sedangkan Bukit Gandrung, adalah obyek wisata alam di Kediri yang karena keindahannya selalu mampu memunculkan semangat tinggi untuk berpetualang. Khususnya bagi traveler yang suka melakukan kegiatan penjelajahan di alam terbuka.

Akses dan kondisi medan

Obyek bernama lengkap Bukit Gandrung Tanggulasi ini berada di Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Perjalanan menuju ke destinasi tersebut bisa dimulai dari Simpang Lima Gumul atau SLG dengan jarak total kurang lebih 35 km.

Dari SLG, kendaraan diarahkan ke Kecamatan Pare dan Kecamatan Kandangan. Setelah itu dapat dilanjutkan melalui Jl. Pengajaran sampai ke Desa Medowo. Dari desa ini petualangan penuh tantangan akan segera diawali.

Untuk mencapai puncak Bukit Gandrung Tanggulasi, traveler harus jalan kaki sejauh kurang lebih 6 km. Medannya sangat menanjak dan penuh tikungan tajam. Butuh tenaga ekstra besar dan kekuatan fisik yang maksimal untuk melewati medan berat ini. Selain itu harus memakai sandal atau sepatu khusus mendaki agar tidak mudah jatuh atau terpeleset.

Sebetulnya medan ini bisa dilalui dengan kendaraan. Tapi kendaraan yang dapat melewatinya adalah motor jenis trail atau mobil jeep saja. Selain itu kondisi mesinnya harus selalu prima dan sopir atau pengendaranya punya pengalaman tinggi menaiki kendaraan di medan yang mendaki serta berkelok-kelok.

Suguhan alam

Berada pada ketinggian 700 mdpl, Bukit Gandrung Tanggulasi selalu menyajikan panorama alam yang selalu menyambut gembira pada para traveler yang telah berhasil mendaki puncak teratasnya. Dari puncak ini suguhan berupa pemandangan perbukitan dan hutan-hutan penuh nuansa hijau segar langsung bisa disantap keindahan dan kesejukannya oleh mata.

Di kejauhan nampak kemegahan Gunung Welirang yang terletak di kota Batu Malang. Tetapi apabila pandangan diarahkan di jarak yang dekat-dekat saja, penampakannya juga tidak kalah menggiurkan mata, berupa areal persawahan dan perkebuhan buah manggis serta durian.

Jika masih belum puas menikmati semua sajian ini, traveler bisa melangkahkan kaki menuju gardu pandang. Di tempat yang makin bertambah tinggi tersebut, panorama Bukit Gandrung Tanggulasi dapat dinikmati keindahannya secara keseluruhan.