Air Terjun Ngleyangan, Sebuah Surga Cantik Dibalik Gunung Wilis Kediri

Berada di ketinggian 800 mdpl, air terjun yang sering disebut Air Terjun Sekartaji ini berada kawasan lereng Gunung Wilis. Persisnya di Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Karena letaknya agak tersembunyi sampai saat ini belum begitu banyak traveler yang mengetahui keberadaannya.

Akses dan rute

Meski berada di balik bukit, namun akses menuju obyek wisata alam Air Terjun Ngleyangan atau Air Terjun Sekartaji cukup mudah dilakukan. Apabila menggunakan transportasi umum, dimulai dari kota Kediri dengan naik mini bus jurusan Nganjuk lalu turun di Pasar Gringging. Setelah itu ganti ojek atau angkutan desa dan langsung ke Dusun Goliman, Desa Parang.

Untuk traveler yang memakai kendaraan pribadi, setelah sampai di Dusun Goliman langsung parkir di rumah penduduk. Selanjutnya perjalanan bisa diteruskan dengan jalan kaki melewati perbukitan.

Asal mula nama Ngleyangan

Meski lebih dikenal sebagai obyek wisata alam baru, tapi sebenarnya Air Terjun Ngleyangan sudah ditemukan sejak ratusan tahun lalu. Pada zaman dahulu ada seorang adipati (pemimpin kadipaten) bernama Panjer. Pada masa pemerintahannya, banyak masyarakat yang datang ke air tersebut.

Saat menyaksikan air terjun ini, sebagian besar diantara mereka selalu kliyeng-kliyeng atau pusing kepala ketika melihat derasnya aliran air. Karena itulah kemudian air terjun ini dikasih nama Air Terjun Ngleyangan.

Sementara itu ada versi lain menyebutkan, Mpu Bramaraja yang merupakan seorang dari Bali dan seorang putri bernama Dewi Aminasi pernah menyepi di tempat ini. Setelah sekian lama tinggal di kawasan air terjun tersebut, pulang ke keraton dan menggantikan kedudukan Prabu Jayasheba Uyung sebagai raja di Kediri.

Berdasarkan cerita ini, traveler tidak perlu bingung saat berada di Air Terjun Ngliyengan lalu menjumpai beberapa peninggalan masa lalu. Salah satunya adalah arca bergaya Hindu. Selain itu ada sumur tua yang sekarang sudah tidak difungsikan lagi.

Panorama alam

Air Terjun Ngliyengan punya ukuran yang sangat tinggi mencapai 123 meter. Dari kejauhan, suara air terjunnya sudah terdengar sangat jelas. Apalagi ketika didekati, gemuruhnya seakan menusuk-nusuk telinga. Namun dibalik itu semua, panorama alam disekitarnya sangat indah dan permai.

Sebagian air terjunnya tidak langsung jatuh ke kolam, tetapi melewati jalur yang terdiri dari batu-batuan besar. Sungguh elok terlihat oleh mata. Kolamnya memiliki ukuran sangat besar, mirip cekungan raksasa. Di tempat ini traveler dapat berenang sepuas hati.

Puas bermain air, duduk-duduk di batu-batu besar yang ada di seputaran kolam jadi kegiatan paling tepat untuk istirahat. Obyek wisata alam Air Terjun Ngliyengan memang belum punya fasilitas yang memadai. Tapi panorama alamnya yang cantik selalu membuat traveler merasa sedang berada dalam surga dibalik Gunung Wilis Kediri.